Beranda | Artikel
Pengenalan Panduan Belajar Jarak Jauh
Kamis, 3 Maret 2016

Bismillah.

Berikut ini kami sajikan informasi berkaitan dengan buku atau kitab panduan yang digunakan dalam program belajar jarak jauh via rekaman. Semoga bermanfaat.

Kitab Ushul Tsalatsah

Kitab Ushul Tsalatsah atau Tsalatsatul Ushul adalah kitab dasar dalam pelajaran tauhid. Kitab ini ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Pembahasan kitab ini pada intinya membahas tentang tiga hal pokok; mengenal Allah, mengenal Islam, dan mengenal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kitab Tauhid

Kitab Tauhid yang judul lengkapnya adalah Kitab Tauhid alladzi huwa Haqullah ‘alal ‘Abiid juga merupakan kitab pokok dalam pelajaran tauhid. Kitab ini juga ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Di dalam kitab ini dipaparkan permasalahan tauhid uluhiyah secara rinci dengan dalil-dalil dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Beliau juga menyebutkan faidah-faidah dari setiap bab.

Kitab al-Muyasar fi ‘Ilmi an-Nahwi

Kitab al-Muyassar fi ‘Ilmi an-Nahwi adalah kitab dasar dalam pelajaran ilmu kaidah bahasa arab (nahwu). Kitab ini ditulis oleh Ustadz Aceng Zakaria hafizhahullah. Di dalam kitab ini dibahas kaidah-kaidah pokok dalam ilmu nahwu. Ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari keadaan akhir kata dan kedudukan kata di dalam kalimat.

Kitab Mukhtarot Qawa’id Lughoh ‘Arabiyyah

Kitab Mukhtarot adalah kitab dasar yang berisi pelajaran ilmu kaidah bahasa arab yaitu nahwu dan shorof. Kitab ini ditulis oleh Ustadz Aunur Rofiq Ghufron, Lc hafizhahullah. Kitab ini kami gunakan dalam pelajaran shorof dengan mengambil bagian-bagian tertentu yang berkaitan erat dengan dasar pembahasan shorof. Ilmu shorof adalah ilmu yang membahas pembentukan kata sebelum dimasukkan di dalam kalimat.

Kitab al-Qawa’id al-Arba’

Kitab al-Qawa’id al-Arba’ adalah kitab dasar dalam pelajaran tauhid. Kitab ini ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Isi kitab ini adalah kaidah-kaidah dasar untuk memahami tauhid dan syirik. Di dalam program belajar jarak jauh ini kami jadikan kitab tersebut sebagai bahan praktek baca kitab. Tujuan penggunaan kitab ini adalah untuk latihan membaca dan mengartikan kitab berbahasa arab dengan sedikit demi sedikit membahas kaidah bahasa arab yang berkaitan dengannya.

Riwayat Belajar :

Alhamdulillah kami pernah mempelajari kandungan kitab-kitab di atas walaupun tidak secara sempurna kepada para ustadz sbb :

  1. Ustadz Abu ‘Isa hafizhahullah -Ushul Tsalatsah dan Kitab Tauhid-
  2. Ustadz Abu Sa’ad hafizhahullah -sebagian Kitab Tauhid-
  3. Ustadz Firanda Andirja hafizhahullah -kitab al-Muyassar-
  4. Ustadz Mubarok hafizhahullah -sebagian kitab Mukhtarot-
  5. Ustadz Muslam hafizhahullah -sebagian kitab Mukhtarot-
  6. Ustadz Fauzan hafizhahullah -sebagian kitab Mukhtarot-

Untuk kitab Ushul Tsalatsah, Kitab Tauhid, dan kitab al-Muyassar kami belajar kepada para ustadz tersebut dalam kegiatan daurah/kajian intensif liburan mahasiswa yang diadakan oleh Lembaga Bimbingan Islam Al-Atsary (LBIA) -sekarang menjadi Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA)-.

Secara khusus kitab Ushul Tsalatsah juga pernah kami ikuti pelajarannya bersama Ustadz Abu ‘Isa hafizhahullah di masjid Ma’had Jamilurrahman dalam kegiatan daurah liburan. Adapun sebagian pelajaran Kitab Tauhid bersama Ustadz Abu Sa’ad hafizhahullah pernah kami ikuti dalam kajian pekanan di Masjid Siswa Graha utara UGM.

Adapun kitab Mukhtarot kami pelajari sebagian isinya kepada ustadz-ustadz tersebut di masjid Ma’had Jamilurrahman dalam beberapa kesempatan kecuali Ustadz Fauzan hafizhahullah; karena kami belajar kepada beliau kitab Mukhtarot dalam program Ma’had al-’Ilmi yang dikelola oleh Lembaga Bimbingan Islam al-Atsary.

Semoga Allah membalas kebaikan dan jasa mereka semua kepada kami dan kaum muslimin dengan sebaik-baik balasan di sisi-Nya.

——

Donasi Pembangunan Masjid

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan masjid yang akan dijadikan sebagai pusat dakwah dan pembinaan mahasiswa dan masyarakat bisa menyalurkan donasi kepada panitia pendirian Graha al-Mubarok – Forum Studi Islam Mahasiswa – melalui rekening di bawah ini :

Bank Syariah Mandiri (BSM) no rek. 706 712 68 17
atas nama Windri Atmoko

Bagi yang sudah mengirimkan donasi mohon untuk mengirimkan konfirmasi kepada panitia di no :
0857 4262 4444 (sms/wa)

Dengan format konfirmasi sbb :
Nama, alamat, tanggal transfer, besar donasi, pembangunan masjid

Contoh : Farid, Jogja, 25 Maret 2016, 1 Juta, Pembangunan Masjid

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.
– Panitia Pendirian Graha al-Mubarok
– Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM)
– Ma’had al-Mubarok

Alamat Sekretariat : Wisma al-Mubarok 1. Jl. Puntadewa, Ngebel RT 07 / RW 07 Tamantirto Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelah selatan kampus terpadu UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) – barat asrama putri (unires) UMY – selatan SD Ngebel.

E-mail : forsimstudi@gmail.com
Fanspage Facebook : Kajian Islam al-Mubarok
Website : www.al-mubarok.com

NB : Insya Allah dalam waktu dekat ini akan diurus proses perataan tanah wakaf dan hal-hal yang berkaitan dengan wakaf dan pembentukan yayasan yang akan mengelola masjid tersebut.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/pengenalan-panduan-belajar-jarak-jauh/